Bukan Magang Biasa (BMB) 2016

DSCF5614(FILEminimizer)

Di bulan September ini sebanyak sembilan orang muda- mudi harapan bangsa yang merupakan mahasiswa PKN STAN diamanahkan menjalankan program Praktik Kerja Lapangan di KPPN Jakarta VII. Program ini dimulai sejak tanggal 05 sampai dengan 23 September 2016. Selama tiga minggu, adik-adik ini ditempatkan pada semua bagian/seksi di KPPN Jakarta VII. Mulai dari Seksi Pencairan Dana, Seksi Bank, Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal, hingga Sub Bagian Umum.

Dengan menggunakan sistem rolling disetiap minggunya, diharapkan semua adik-adik PKL setidaknya memiliki pengalaman di setiap seksi di KPPN. Pekerjaan yang dilakukan pun beragam, mulai menerima dan mengeluarkan surat kepada satker di seksi umum membuat kompilasi layanan hotline dari tiap satker mitra kerja, melakukan rekonsiliasi pada aplikasi e-rekon pada seksi vera, melakukan konfirmasi penerimaan negara di seksi bank, dan memvalidasi tagihan pada seksi PD.

Tidak hanya itu, adik-adik PKL juga dilibatkan dalam kegiatan diluar kegiatan rutin kantor, seperti ikut senam disetiap hari jum’at pagi, berpartisipasi dalam kegiatan perayaan Corner Day dan kegiatan non rutin lainnya.

DSCF5615(FILEminimizer)

Sebagai akhir dari kegiatan PKL di KPPN Jakarta VII, adik-adik diminta untuk mempresentasikan pengalaman kegiatannya selama tiga minggu dan berpamitan dengan para pegawai. Tidak ada yang dapat kami berikan dan persembahkan, semoga tulisan kesan pesan adik-adik untuk KPPN Jakarta VII dapat menggambarkan antusias dan kegembiraan mereka selama berada di KPPN Jakarta VII :

1. Ikhsan Tri Utama
Kata pertama yang muncul setelah saya PKL di KPPN Jakarta VII adalah ‘beruntung‘ karena suasana kekeluargaannya sangat terasa disini, jadi saat bekerja tidak ada ketegangan dan tekanan sama sekali. Semua inovasi bisa dikembangkan dengan baik.
Di hari pertama datang, kami benar- benar disambut dengan ramah. Semua orang memperlakukan kami seakan kami sudah jadi bagian dari keluarga KPPN Jakarta VII. Saat kami bertanya soal pekerjaan, pegawai- pegawainya selalu menjawab dan mengajari kami dengan sabar sehingga kami bisa mendapat banyak sekali ilmu. Semoga KPPN Jakarta VII bisa semakin maju untuk kedepannya.
Terima kasih Bapak Ibu untuk pengalaman berarti dan menyenangkan yang telah diberikan kepada kami.
Cita-cita penempatan kelak : KPPN di Jakarta

2. Pijar Lintang Alit
Menjalani praktik kerja lapangan di KPPN Jakarta VII merupakan pengalaman yang berarti bagi saya. Selama menjalani masa PKL tersebut, saya mendapat pengalaman yang baru. Pengalaman itu adalah bagaimana kita bekerja selayaknya pegawai kementerian keuangan. Bagaimana penerapan dari ilmu yang telah saya terima saat perkuliahan. Dengan pemahaman serta kesabaran dari seluruh pegawai yang berada di KPPN Jakarta VII, membuat saya dapat memahami seluruh ilmu yang telah mereka ajarkan kepada saya. Sekali lagi, terimakasih kepada seluruh pegawai  KPPN JakartaVII.
Cita-cita penempatan kelak : Semoga di Sekjen

3. Hesty Pratiwi Ilham
Kppn Jakarta VII harus maju!!! (Yel- Yel kebanggan). Sungguh sangat menyenangkan PKL di KPPN Jakarta VII serasa menjadi pegawai negeri yang sebenarnya. Pengalaman ini tidak akan pernah saya lupakan bertambah ilmu dan pengalaman saya selain itu para pegawainya juga baik dan ramah.
Cita-cita penempatan kelak : KPPN Makassar

4. Katon Pamungkas
Kegiatan PKL di KPPN Jakarta VII membuat saya memiliki pengalaman kerja, dipercaya melakukan pekerjaan secara sebaik mungkin membuat saya merasakan atmosfir dunia kerja yang sebenarnya. Ditemani dan dibimbing oleh rekan kakak- kakak dan bapak ibu yang ramah dalam memberi arahan ke kami serta lingkungan yang sangat nyaman membuat betah deh…
Cita-cita penempatan kelak : KPPN Pekanbaru atau KPPN Jakarta VII

DSCF5613(FILEminimizer)

Dari Kiri ke Kanan. Atas : Pijar, Ikhsan, Govinda, Akeda, Katon – Bawah : Hesty, Septiana, Fitria, Wastiah

5. Wastiah
Setelah setahun lamanya menimba ilmu di atas kertas, kini saatnya mengimplementasikan ke dalam dunia kerja. KPPN Jakarta VII merupakan gambaran idealis sebuah kantor pelayanan perbendaharaan di ibu kota yang melayani satker tidak sedikit. Seluruh elemen KPPN Jakarta VII bersinergi melaksanakan tugasnya masing-masing dengan berpegang teguh pada jargon “KPPN JAKARTA TUJUH HARUS MAJU!” Mulai dari Kepala Kantor Bu Henny yang berwibawa dan baik hati, Kepala Subbag Umum Pak Dono yang murah senyum dan penyabar, Pak Taufik Kepala Seksi Bank yang humoris, Pak Adi Kepala Seksi Pencairan Dana yang dekat dan merakyat, Pak Budi Kepala Seksi MSKI yang tegas namun humanis, serta Ibu Ambar selaku Kepala Seksi Vera yang cantik dan murah hati. Para pegawai di setiap seksi pun bagaikan keluarga yang beradi di bawah naungan satu atap dengan sifat yang beragam, sungguh tidak ada rasa canggung dengan perbedaan usia di antara kami. Office boy dan satpam pun sangat ramah setiap jumpa dari pagi hingga petang. Terima kasih sudah sabar dan bersedia kami repotkan. Terimakasih banyak atas 3 minggu yang sangat berkesan. Sukses selalu untuk KPPN Jakarta VII!
Cita-cita penempatan kelak : KPPN di Jawa Barat

6. A. Govinda Jaharuddin
Menurut saya PKL di KPPN Jakarta VII itu adalah Praktik Lapangan Kerja yang sebenarnya. Di sini kita sangat dilibatkan pada kehidupan sehari hari kantor. Kami bener- benar diberdayakan dalam setiap kegiatan kantor. Yang di mana di kantor lain Mahasiswa PKL itu sama sekali tidak dilibatkan dengan pekerjaan di kantor masing masing. Saya sangat beruntung mendapatkan tempat PKL yang sebaik KPPN Jakarta VII. Terima kasih bimbingannya.
Cita-Cita kelak: menjadi Menteri Keuangan RI 

7. Humaira Akeda Sirkomba
Tidak kerasa sudah masuk minggu ke tiga PKL disini yg berarti ini adalah minggu terakhir saya untuk dapat belajar, menggali ilmu, dan merasakan suasana bahagia bekerja di KPPN Jakarta VII ini. Disini sangat menyenangkan pegawainya ramah-ramah, mau bantu mengajari kami dengan sabar, suka meberikan makanan, dan lucu lucu sehingga membuat kamu merasa lebih nyaman untuk pkl disini. Terima kasih kepada kepala kantor Bu Heny, Pak Dono, dan pegawai lainnya yg sudah mau menerima kami untuk belajar disini. Semoga semua ilmu, pengalaman, serta pesan- pesan dari para pegawai dapat kami terapkan ketika memasuki dunia kerja nanti.
Cita cita penempatan kelak : KPPN Jakarta (dimana aja insya allah siap)

DSCF5629(FILEminimizer)

8. Fitria Nur Wahyuni
Berbekal ilmu yang saya dapat selama satu tahun perkuliahan di PKN STAN, saya melaksanakan PKL di KPPN Jakarta VII. Semua pegawai di KPPN Jakarta VII orangnya ramah, lucu, dan baik. Dari awal datang, kami disambut dengan ramah oleh Ibu Heny selaku Kepala Kantor KPPN Jakarta VII dan juga Pak Dono selaku Kasubbag Umum yang sangat baik. Kami menjadi tahu tugas dari seksi-seksi yang ada di KPPN. Mereka mengajarkan dan membimbing kami dengan sangat sabar. Tak hanya teori yang didapat namun juga bisa praktik kerja langsung, bahkan kami kadang dibimbing untuk berhadapan langsung dengan para satker. Selain itu, kami juga diikutsertakan dalam berbagai acara antara lain sesi sharing, senam pagi bersama, dan acara Corner Day. Saya mendapatkan banyak ilmu selama melaksanakan PKL di KPPN Jakarta VII yang tentunya sangat bermanfaat untuk bekal bekerja nanti. Saya merasa sangat beruntung bisa menjadi bagian dari KPPN Jakarta VII. Sukses terus untuk KPPN Jakarta VII. KPPN Jakarta Tujuh……Harus Maju !!!
Cita-cita penempatan kelak : KPPN Bogor

9. Septiana Ainun Na’im
PKL di KPPN Jakarta VII?? Pertama kali datang disambut Pak Satpam dan CS yang ramah :) Lalu kami menemui Pak Dono dan Bu Heny (Kepala KPPN VII) dan kami diizinkan untuk PKL di KPPN VII, dilanjutkan dengan pembagian jadwal PKL selama tiga minggu ke depan.
Minggu pertama di Seksi Verifikasi dan Akuntansi bersama Bu Ambar, Pak Paryanto, Mas Restu, Bu Ros, Bu Ina, dan Bu Esti menjadi hal yang paling tidak terlupakan. Verifikasi Akuntansi (hari pertama), dua kata yang membuat saya ‘cukup’ syok. “Rumit pasti…” itu yang ada dalam pikiran saya, dan ya… memang tidak jauh dari itu, hehe. Di sini, saya dan teman saya belajar e-rekon, menjadi FO LPJ bendahara satker, rekap sampai pengarsipan LPJ. Awalnya terasa sulit dan sangat takut salah, tetapi alhamdulillah bisa dilalui berkat beliau-beliau yang membimbing kami dengan sangat sabar dan selalu bersedia membantu ketika kami kesulitan.
Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (minggu kedua) dan Seksi Pencairan Dana (minggu ketiga) ‘nggak kalah serunya. Ada Pak Budi, Bu Rati, Bu Jaiyun, Mas Melthin, dan Bu Sumini, Mas Arif, Pak Adi, Pak Agus, Mba Pitho, Mas Ikhsan, Mas Rinto, dkk. (nggak bisa saya sebut semua) yang jago-jago. Mulai dari layanan konsultasi mitra kerja sampai rekap macam-macam berkas yang begitu banyaknya. Salut Pak, Bu. Selalu semangat :)
Kepada Ibu/Bapak/Kakak yang sudah berkenan berbagi ilmu dengan kami, mengajari kami dengan sabar dan membantu kami, kami mengucapkan terima kasih. Insya Allah ilmu yang diberikan bermanfaat sebagai bekal kami bekerja nanti. Meskipun singkat, PKL ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya. Terakhir, PKL di sini nggak bingung jajan deh. Tiap hari pasti ada saja bapak/ibu/kakak yang bawain jajan. Asal mau makan saja, hehe…KPPN Jakarta VII… HARUS MAJU!!
Cita-cita penempatan kelak : KPPN di Jawa Timur

DSCF5618(FILEminimizer)

Terima kasih atas tiga minggu yang menyenangkan adik- adik dan rekan- rekan. Selamat kembali ke civitas kampus tercinta PKN STAN. Terus berkarya dan jangan berhenti berinovasi. Salam hangat.
NB. Terima kasih untuk kenang- kenangannya.

IMG20160926165232

Karya Buatan Adik- Adik PKL Prodip 1 PKN STAN. Keren!

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 13 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>