Indahnya Magang di KPPN Jakarta VII

DSCF9728(FILEminimizer)

Dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Tapi perpisahan ini adalah sebuah perpisahan yang menyenangkan.
Itulah hal yang pasti akan terjadi bagi setiap orang, tidak terkecuali bagi sebuah kegiatan magang. Pada hari Jumat, 26 Agustus 2016 tiba saatnya bagi KPPN Jakarta VII untuk melepas adik-adik Praktik Kerja Lapangan (PKL) di KPPN Jakarta VII untuk melanjutkan perjuangannya di kampus mereka, Politeknik Keuangan Negara STAN.

PKL  merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mereka yang sedang menempuh Program Diploma III Kebendaharaan Negara di PKN STAN. Dari kegiatan PKL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi adik-adik PKL untuk lebih siap menghadapi dunia kerja yang notabene berbeda dengan teori-teori buku yang diajarkan selama di bangku perkuliahan.

Sebanyak lima orang mahasiswa PKN STAN diamanahkan menjalankan program Praktik Kinerja Lapangan di KPPN Jakarta VII. Program ini dimulai sejak tanggal 25 Juli 2016 sampai dengan 26 Agustus 2016. Selama lima minggu, adik-adik ini ditempatkan pada semua bagian/seksi di KPPN Jakarta VII. Mulai dari Seksi Pencairan Dana, Seksi Bank, Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal, hingga Sub Bagian Umum.

Dengan menggunakan sistem rolling disetiap minggunya, diharapkan semua adik-adik PKL setidaknya memiliki pengalaman di setiap seksi di KPPN. Pekerjaan yang dilakukan pun beragam, mulai menerima dan mengeluarkan surat kepada satker di seksi umum membuat brosur layanan yang akan dibagikan kepada satker mitra kerja, melakukan rekonsiliasi pada aplikasi e-rekon pada seksi vera, melakukan konfirmasi penerimaan negara di seksi bank, dan memvalidasi tagihan pada seksi PD. Tidak hanya itu, adik-adik PKL juga dilibatkan dalam kegiatan diluar kegiatan rutin kantor, seperti ikut senam disetiap hari jum’at pagi, berpartisipasi dalam kegiatan perayaan 17 Agustus, briefing pagi, makan siang bersama dan kegiatan non rutin lainnya.

DSCF9722(FILEminimizer)

Sebagai akhir dari kegiatan PKL di KPPN Jakarta VII, adik-adik PKL mempresentasikan pengalaman kegiatannya selama 5 minggu dan berpamitan dengan para pegawai. Tidak ada yang dapat kami berikan dan persembahkan, semoga tulisan kesan pesan adik-adik untuk KPPN Jakarta VII dapat menggambarkan antusias dan kegembiraan kami selama berada di KPPN Jakarta VII :

1. Dia Mentari (Di)
“Saya sungguh beruntung mendapatkan kesempatan merasakan atmosfer bekerja di KPPN Jakarta VII. Disini saya banyak mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman bekerja yang nantinya akan saya jadikan bekal untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya setelah lulus dari kampus. Para pegawai yang baik dan suasana kekeluargaan yang kental di KPPN Jakarta VII membuat saya dan teman-teman merasa senang dan nyaman berada disini. Semoga KPPN Jakarta VII  tetap solid dan terus memberikan pelayanan yang prima. Terimakasih KPPN Jakarta VII …. ”
Cita-cita penempatan kelak : KPPN JAKARTA (Mana aja boleh). Hehehe…

2. Menur Enduk Pasubrantini (Menur)
“Bahagia dan beruntung. Seperti itulah yang saya rasakan selama lima minggu PKL di KPPN Jakarta VII. Sebuah kantor yang dikatakan minimalis tapi harus melayani satker yang jumlahnya super dan tidak sedikit. Walaupun demikian, semua pegawai disini melaksanakan tugasnya dengan suka cita. Setiap pegawai memiliki rasa kekeluargaan dan keramahan. Selain itu, mereka juga sangat humoris. Hal itulah yang membuat saya dan teman-teman PKL tidak kesulitan dalam beradaptasi. Dengan bantuan mereka pula sehingga saat ini kami memiliki banyak ilmu yang diperoleh selama PKL untuk dapat digunakan di dunia kerja nantinya. Terima kasih kepada semua pegawai KPPN Jakarta VII yang telah berkenan membagi ilmu dan pengalamannya kepada kami. Terima kasih untuk saran dan petuahnya. Terima kasih untuk semuanya yang telah diberikan. Akhir kata, saya ingin menyampaikan permintaan maaf bila terdapat banyak salah yang disengaja maupun tidak disengaja. Maaf bila selama ini ada sedikit bercandaan yang menyinggung hati dan persaan. Tapi percayalah, itu semua hanya bercandaan, tidak lebih kok hehehee. Semoga KPPN Jakarta VII bisa tetap menjaga kekompakan dan kekeluargaannya :)”
Cita-cita penempatan kelak :  KPPN YOGYAKARTA

3. Rahma Humaira (Umay)
“Gak kerasa pake banget PKL di KPPN Jakarta VII, pertama kali dateng udah kerasa banget kekeluargaannya. Mulai dari penyambutan Bu Heny sebagai Kepala Kantor KPPN Jakarta VII, Pak Dono yang juga super baik hati dan ramah, dan semua pegawai KPPN Jakarta VII yang menyambut hangat kami semua. Yang paling ga bisa lupa selama di KPPN Jakarta VII adalah makanan gratis yang hampir setiap hari ada, obrolan yang selalu seru dengan pegawai, dan pengalaman yang ga bakal pernah bisa dilupain. Terima kasih untuk bimbingan kakak- kakak ganteng di KPPN. Pengalaman paling awal di dunia kerja yang akan sangat bermanfaat dikemudian hari. Semoga dimanapun nanti kami ditempatkan, bisa membangun suasana kekeluargaan yang setidaknya sama dengan suasana kekeluargaan yang ada di KPPN Jakarta VII. Amin”
Cita-cita penempatan kelak :  KPPN BANDUNG

4. Rahmat Sutami (Rahmat)
“Di hari pertama kami melaksanakan PKL di KPPN Jakarta VII disambut dengan baik dan penuh kekeluargaan oleh para pegawai. Saat melaksanakan pekerjaan kami dapat dengan mudah mengakrabkan diri dengan para pegawai karena pegawai KPPN banyak yang senang bercanda dan lucu-lucu, tidak hanya para pegawai tetapi hingga kepala seksi dan kepala kantor sangat ramah dan lucu. Para pegawai juga dengan senang hati dan sangat jelas mengajari kami tentang cara melakukan pekerjaan. Para Pegawainya sangat kompeten dan sangat kompak. Ditambah banyak traktiran dari KPPN Jakarta VII Weenak tenan.. Semoga KPPN Jakarta VII dapat selalu sukses dan terus meningkatkan pelayanan. KPPN Jakarta Tujuh.. Terus Maju !!”
Cita-cita penempatan kelak : KPPN MEDAN II

5. Rehana Harahap (Rehana)
“Senang sekali rasanya sempat praktik lapangan walau hanya 5 minggu di KPPN Jakarta VII. Dan sekarang sedih sekali harus berpisah. Terimakasih kepada ibu kepala kantor yang bijak, pembimbing, dan kakak-kakak yang telah memberikan ilmu, gurauan, pengalaman baru, dan meninggalkan memori indah bagi saya. Suasana kantor begitu terasa homie, pegawai yang sangat ramah dan solid, senam bersama, mengahadapi satker, makan siang di pantri, benar-benar unforgettable moment, yang membuat 9,5 jam per hari begitu cepat. Semoga KPPN Jakarta VII tetap mempertahankan sinergi tersebut dan terus meningkatkan pelayanan yang prima. Terimakasih sekali lagi. Jangan lupa Yel- Yel kebanggan kita :KPPN Jakartaaa Tujuh, harus maju….”
Cita-cita penempatan kelak : KPPN PADANG SIDEMPUAN

DSCF9730(FILEminimizer)

Selamat kembali ke civitas kampus tercinta PKN STAN. Terus berkarya dan jangan berhenti berinovasi.
Salam hangat.

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>