Kultum : Berbagi Nasihat di Bulan Ramadhan Penuh Berkah

IMG-20140722-WA0002(FILEminimizer)

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat. Bulan untuk saling berbagi kebaikan kepada sesama. Tanpa mengenal pangkat dan kedudukan, kita sebagai umat Islam saling berlomba-lomba dalam menyebarkan ilmu dan menuai pahala sebanyak-banyaknya. Pada suatu kesempatan Kasubag Umum KPPN Jakarta VII, Pak Srudono, yang diberi kesempatan untuk mengisi Kultum di Masjid Nurul Iman Gedung Kanwil DJPBN Prop. DKI Jakarta sore itu, Senin 21 Juli 2014, banyak hal yang disampaikan utamanya beberapa patah nasihat mengenai urgensi dari saling menasihati kepada sesama.

Bahwasannya setiap orang yang memiliki sebuah ilmu sebenarnya dia memiliki beban kewajiban untuk menyampaikannya kepada orang lain. Sebab saling menasihati merupakan salah satu jalan untuk mencegah sebuah umat agar tidak mengalami kerugian, sebagaimana terfirman dalam QS Al Ashr: “Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian waktu, kecuali dia yang mau beriman, beramal sholeh, dan saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.”

Beberapa keutamaan dari “dakwah” yang disebutkan dan untuk kita renungkan ialah:

1.  Dakwah merupakan tugas utama dari nabi/rasul

2.  Dakwah merupakan kalimat terbaik yang diucapkan manusia di dunia

3.  Dakwah bisa menjadi ladang pahala, jika yang mendengar dakwah tersebut mau melaksanakan

4.  Dakwah merupakan nasihat kepada diri sendiri untuk lebih baik

5.  Dakwah merupakan bentuk pembelaan diri kelak di hadapan Allah ketika ada orang yang salah tapi kita sudah berusaha meluruskannya melalui dakwah

6.  Dakwah merupakan jalan untuk membangun / menuju umat yang terbaik

Di akhir kultum tersebut, Pak Srudono berharap setelah mengetahui keutamaan tersebut, dakwah atau saling menasihati sudah tidak lagi dianggap menjadi sebuah kewajiban. Dakwah akan menjadi lebih dari sekedar kewajiban. Dakwah dan saling menasihati akan menjadi sebuah kebutuhan umat. Kebutuhan untuk dapat saling mendorong menuju kebaikan.

 

 

Semoga dapat menjadi tambahan ilmu bagi kita semua.

*****

 

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>